Berita Utama

PTSL, PROGRAM SERTIFIKAT GRATIS

Dilihat : 1873 Kali, Updated: Selasa, 09 Oktober 2018
PTSL, PROGRAM SERTIFIKAT GRATIS

 

Purwokerto, 9 Okt 2018. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan Program Nasional yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo. Pelanyanan penerbitan Sertifikat Tanah gratis itu diharapkan tuntas pada tahun 2022, pada seluruh Indonesia.

Kutaliman yang merupakan salah satu dari empatbelas desa di dalam wilayah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, termasuk desa yang mendapat bagian pelaksanaan Optimalisasi PTSL.

Terletak pada tepian Bukit Pembarisan di sebelah selatan Gunung Slamet, Desa Kutaliman yang sebelumnya baru terdapat tidak lebih 100 sertifikat tanah, mendapat alokasi kegiatan PTSL tiga tahun berturut-turut.

Agus Listia Hartanto, Kepala Desa Kutaliman, menuturkan bahwa pada tahun 2017 telah diterbitkan Sertifikat Hak Milik untuk 900 bidang tanah. Pada awal tahun 2018 dilanjutkan kegiatan pengukuran dan pemberkasan terhadap 1.137 bidang tanah untuk mendapatkan Nomor Induk Bidang (NIB) untuk selanjutnya diterbitkan Sertifikat Hak Milik.

Tidak berhenti sampai disitu, Kepala Desa yang memiliki semangat progresif visioner yang tinggi, Agus Listia melakukan upaya koordinasi dengan pihak Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banyumas. Upaya Agus yang kesehariannya mengenakan iket "ikat kepala" pun membuahkan Hasil. Permohonan dilaksanakan optimalisasi PTSL dikabulkan, sehingga mulai tanggal 24 September sampai dengan 9 Oktober 2018, BPN menerjunkan 6 (enam) Tim Ukur, untuk menyelesaikan pengukuran terhadap tidak kurang dari 1400 bidang tanah yang belum diukur pada waktu sebelumnya, untuk memperoleh NIB. Selanjutnya untuk diterbutkan Sertifikat Hak Milik pada tahun 2019.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala BPN Kabupaten Banyumas, ditempat terpisah  Mohamad Fadil, SH, MHum menyampaikan bahwa untuk menerbitkan Sertifikat, semua bidang tanah harus terlebih dahulu memiliki Nomor Induk Bidang (NIB).

Program PTSL merupakan wujud nyata upaya penertiban atas data tanah dan penataan asset berupa sertifikat, yg telah diprogramkan oleh Pemerintah Desa Kutaliman yang tertuang RPJMDes Tahun 2014 - 2020. Sejalan dengan pelaksanaan PTSL, Kepala Desa yang berpenampilan unik ini juga melakukan penertiban data, objek PBB-P2. Melalui upaya rekonsiliasi data SPPT, pada tahun 2018 berhasil ditata 853 lembar SPPT selain 96 lembar melalui perubahan secara reguler.

Dengan ditempuh upaya tersebut di atas Agus Listia, berharap sekitar 80 % dari seluruh bidang tanah di Desa Kutaliman akan bersertifikat. Keberhasilan ini dapat dicapai berkat animo masyarakat yang didukung semangat dan gigihanya kerja Tim PTSL Desa yang merupakan unsur masyarakat pemohon sertifikat, dibantu petugas dari Pemerintah Desa yang bertugas menyediakan letter C tanah dan legalisasi data dan keterangan pendukung.

Pada akhir wawancara, Kepala Desa yang selalu enerjik dan inovatif ini mengajak seluruh pemilik tanah hak milik di desanya supaya tidak nenyia-nyiakan kesempatan memperoleh sertifikat tanah secara gratis ini.

Related Posts

Komentar